Kenapa Kulit Berkerak Gatal & Cara Menghilangkan

 Kenapa Kulit Berkerak Gatal & Cara Menghilangkan #Banyak sekali jenis penyakit, jamur, virus yang bisa menyerang kulit itu semua tidak lepas karena kulit merupakan lapsian terluar dari tubuh.

Anda mengalami gejala gejala berikut ini :

  • Kulit Pecah-pecah Gatal
  • Kulit Berkerak Gatal
  • Kulit Kering Gatal
  • Kulit Melepuh Gatal
  • Kulit Menebal Gatal
  • Kulit Malam Hari Gatal
  • Kulit Bersisik Gatal
  • Kulit Ruam Gatal
Waspadalah bisa jadi anda mengidap penyakit eksim.


Eksim adalah istilah umum untuk menyebut berbagai jenis dermatitis. Jenis-jenis dermatitis adalah:

Dermatitis Atopik - Dermatitis atopik adalah jenis eksim yang paling sering ditemui namun juga yang paling parah dan kronik. 

Ciri dermatitis atopik adalah kulit kering dan bersisik. Kelainan ini biasanya terjadi pada masa kanak-kanak dan pada umumnya menyerang bagian dalam siku, bagian belakang lutut, leher, dan wajah.

Eksim Tangan - Merupakan jenis eksim yang hanya menyerang tangan.

Dermatitis Kontak - Kelainan ini terjadi ketika kulit terkena suatu zat atau iritan.

Dermatitis Seboroik - Dermatitis seboroik adalah kelainan yang umumnya terjadi pada bagian kulit kepala, di mana ruamnya terlihat seperti ketombe dengan inflamasi.

Eksim Dishidrotik - Dermatitis jenis ini menimbulkan lepuh pada jari tangan, telapak tangan, dan telapak kaki.

Dermatitis Statis - Dermatitis statis juga dikenal dengan sebutan dermatitis vena karena menyerang vena pada kaki bagian bawah.

Dermatitis Nummular - Dermatitis nummular juga dikenal sebagai eksim discoid karena bentuknya yang menyerupai koin pada kulit.

Obat Tradisional Eksim Ringan sampai Menahun

Untuk anda yang sedang menderita eksim baik masih dalam tahap ringan atau sudah menahun kini ada solusi obat tradisionalnya.

Obat tradisional banyak di pilih orang karena selain lebih aman tanpa efek samping di banding obat kimia, obat tradisional juga terbukti efektif dalam menyembuhkan suatu penyakit.

Rekomendasi obat tradisional terbaik untuk membantu menyembuhkan eksim adalah kapsul Eximtas dan Bersih Darah dari de Nature Indonesia.

Kapsul Bersih Darah (BD) dan Eximtas Solusi Menyembuhkan  Eksim

Kapsul Bersih Darah (BD) dan Eximtas Solusi Menyembuhkan  Eksim

Harga Bersih Darah (BD) dan Eximtas de Nature :
  • Paket 1 minggu : Rp 295.000 (isi 1 botol Bersih Darah  dan 1 botol Eximtas)
  • Paket 2 minggu : Rp 550.000 (isi 2 botol Bersih Darah dan 2 botol Eximtas) hemat Rp 50.000
  • Paket 1 bulan : Rp 950.00 (isi 4 botol Bersih Darah dan 4 botol Eximtas) hemat Rp 250.000
Detail Produk :
1 botol Bersih Darah (BD) isi 50 kapsul
1 botol Eximtas isi 50 kapsul

Aturan Pakai :
Di minum 3X sehari 1 jam sebelum makan sekali konsumsi 2 kapsul Bersih Darah (BD)dan 2 kapsul Eximtas

 No Reg BPOM:
  • TR 163 398 401
  • TR 163 397 881
Kontak Pemesanan
Tlp/WA: 082-3224-98-543
BBM: D105370C

Lebih Jelas Cara Pemesanan Silahkan Kunjungi:
http://bit.ly/beliobatdenatureasli

Pembelian Aman via Marketplace

De Nature - Kapsul Bersih Darah (BD) Dan Eximtas
Tokopedia
De Nature - Kapsul Bersih Darah (BD) Dan Eximtas
Bukalapak
De Nature - Kapsul Bersih Darah (BD) Dan Eximtas
Shopee

Penyebab Eksim


Para ahli percaya bahwa penyebab eksim adalah ketidakmampuan kulit dalam melakukan perbaikan terhadap kerusakan sehingga kulit menjadi rawan terhadap kuman dan bakteri.

Mereka menyatakan bahwa ketidakmampuan ini disebabkan oleh mutasi pada sebuah gen bernama filaggrin. Untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan, kulit membutuhkan sepasang filaggrin sementara orang-orang dengan eksim hanya memiliki satu filaggrin.

Dermatitis juga dikaitkan dengan respon imun yang terlalu aktif terhadap suatu iritan. Gejala pada eksim merupakan respon tubuh terhadap suatu iritasi sehingga menimbulkan kekambuhan dan ruam. Eksim juga umumnya terjadi pada keluarga dengan riwayat asma dan alergi.

Walaupun penyebabnya belum dapat dipastikan, ada beberapa faktor risiko yang dapat memicu eksim, yaitu:

  • Stress
  • Rasa panas dan keringat berlebih
  • Rasa dingin dan iklim kering
  • Kulit kering
  • Kontak dengan bahan-bahan kasar dan iritan seperti sabun dan kain sintetis
  • Demam atau infeksi saluran nafas atas
Penyebab Eksim

Diagnosis dan Tatalaksana Eksim


Diagnosis eksim dapat dilakukan oleh dokter anak, dokter kulit, atau dokter umum/ dokter keluarga. Pada umumnya tidak ada uji diagnostik atau klinik yang pasti untuk mendiagnosis kelainan ini. 

Namun hanya dengan melihat gejala (ruam) dan menanyakan beberapa pertanyaan, biasanya seorang dokter dapat membuat diagnosis eksim. Setelah itu, biasanya dokter akan melakukan uji alergi untuk mengetahui pemicu atau iritan apa yang harus dihindari di kemudian hari.

Sekarang masih belum ada pengobatan yang pasti untuk mengobati eksim, namun sebenarnya eksim dapat dikendalikan dan dikontrol. 

Tujuan utama pengobatan eksim adalah untuk meredakan, meringankan, dan mencegah rasa gatal guna mencegah infeksi lebih lanjut. Karena eksim menyebabkan kulit kering, bersisik, dan gatal, maka biasanya disarankan pemberian obat dalam bentuk krim dan losion.

 Kompres basah juga dapat digunakan untuk meringankan rasa gatal.

Krim-krim yang dijual di pasaran, misalnya salep dan krim berisi hidrokortison (1%) atau kortikosteroid biasanya diresepkan untuk mengurangi peradangan. Inhibitor kalsineurin topical non-steroid juga dapat digunakan untuk meringankan inflamasi. 

Pada daerah yang terkena eksim, disarankan menggunakan antibiotik jenis topikal atau antibiotik minum. Untuk meringankan rasa gatal biasanya disarankan penggunaan anti-histamin.

Untuk kasus dermatitis parah biasanya diberikan pengobatan tar seperti fototerapi ultraviolet dan penekan sistem imun seperti siklosporin. 

Alternatif lain yang dapat dipilih adalah pengobatan menggunakan psikodermatologi, yaitu cabang ilmu baru di dermatologi sebagai pendekatan alternatif terhadap penyakit kulit menggunakan teknik psikologi seperti relaksasi dan hipnosis.

Tips Mencegah Eksim


1. Cari tahu pemicu kulit eksim.

Perhatikan apa yang Kamu makan? 

Ketika gejala penyakit Eksim muncul seperti terasa gatal atau muncul warna merah. Segera langsung diingat-ingat sebelumnya, apa yang dimakan dan dikenakan pada tubuh, lalu cepat hindari hal tersebut, agar tidak terulang munculnya rasa sangat gatal di kemudian hari.

Umumnya pemicu eksim berbeda-beda bagi setiap orang. Satu orang mungkin sensitif dari bahan wol, sementara orang lainnya sensitif terhadap bahan kimia dalam parfum. Karena pemicu eksim setiap orang tidak benar-benar diketahui. Kamu perlu mencari tahunya sendiri. 

Kamu bisa mencatat makanan apa yang dimakan dalam satu hari, dan ketahui dan catat perubahan yang terjadi.

2. Gunakan produk Salep88 (harganya murah, dan dijual di warung)

Ada kisah nyata seseorang yang sembuh dari Eksim (minimal gatalnya berkurang), yang sebelumnya eksim sangat terasa gatal di bagian selangakangan, akan tetapi sekarang sudah berkurang gatalnya dan semakin terus berkurang, dengan menggunakan Salep 88.

Kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan sedikit saja (jangan banyak-banyak, karena lumayan panas salep ini) ke bagian yang gatal.

Salep 88 tersebut umumnya banyak dijual di warung, gunakan tetapi JANGAN BERLEBIHAN dan jangan terlalu sering, cukup mengoleskan maksimal sebanyak 2-3 kali dalam sehari.


3. Segara cuci pakaian penderita

Penting untuk mencuci pakaian dalam dengan segera (sehabis digunakan), tujuannya mencegah berkembangnya jamur pada tumpukan pakaian yang kotor.

Sehingga PENTING memisahkan antara pakaian (baju dan celana) penderita eksim dari yang lainnya. Supaya jamur tidak menyebar.

4. Menjaga kulit tetap lembap dan bersih

Ganti pakaian yang lembab atau basah karena keringat.

Gunakan pelembap dan tidak perlu mandi dengan air panas, cukup gunakan air biasa. Tetapi jika ingin mandi air panas maka tidak mengapa, karena ada yang mengatakan air panas baik untuk membunh kuman.

5. Jika berolahraga...

Setelah berolahraga yang biasanya mengeluarkan keringat berlebihan. Penting mencuci pangkal paha dan pantat dan sekitar dubur hingga bersih dengan air sabun.

Kenakan pakaian longgar, hindari pakaian yang terbuat dari kain yang menimbulkan gatal, seperti wol. Kain bertekstur lembut seperti kain katun dan sutra yang mengiritasi kulit. 

Saat berolahraga, kenakan pakaian olahraga yang mampu menjaga suhu kulit tetap dingin. Untuk menghindari berkeringat yang terlalu banyak, yang menempel pada kulit eksim sehingga memperparah penyakit eksim.

6. Ganti pakaian (celana dan baju) setelah mandi

Selalu mengganti pakaian setelah mandi, serta setelah bekerja di luar rumah (apalagi jika sampai mengeluarkan kehingat, bahkan tubuh kotor), sehingga akhirnya dapat terhindar dari jamur yang dapat menyebar ke tubuh.

7. Gunakan pakaian yang longgar

Meminimalisir kelembaban di sekitar pangkal paha dengan menggunakan pakaian longgar dan berbahan kapas, tujuannya untuk menyerapan keringat dengan lebih mudah. Sehingga timbulnya penyakit eksim dapat terminimalisir.

Menghindari pakaian dengan serat sintetis, serta secara umum hindari pakaian yang mudah mengeluarkan keringat di bagian lekukan tubuh, seperti selangkangan dll

8. Hindari (atau jangan biasakan) menggaruk

Eksim memang selalu menimbulkan rasa gatal pada kulit, tetapi menggaruknya dapat memperburuk kondisi eksim, yang berisiko membuat kulit semakin terinfeksi bakteri.

Khususnya pada anak-anak, penting untuk potong kuku untuk mengurangi risiko kerusakan kulit karena menggaruk. Adapun pada bayi, maka bisa dengan memberikan sarung tangan agar garukannya tidak membuat kulitnya terluka.

9. Makanan yang dilarang untuk penderita eksim 

Makanan yang memperparah iritasi kulit dan eksim yang diderita, seperti telur, kacang-kacangan, susu (susu sapi terutama), ragi, kacang kedelai, teung terigu dan alkohol.

Ubah menu makanan yang mengakibatkan kondisi semakin buruk pada eksim yang diderita. Termasuk perlu membatasi (jangan sering) mengkonsumsi daging, terutama ikan yang bisa brdampa buruk pada eksim.

Kurangi susu dan produk olahan susu. Susu sapi termasuk pemicu utama eksem, Susu sapi memiliki pH yang cukup asam yang bisa memperparah penyakit eksim.

Ada banyak pengganti susu sapi, Kamu boleh konsumsi kopi tanpa susu. Diperbolehkan sesekali mengkonsumsi susu kambing, domba, atau kerbau (jangan susu sapi).

Menghentikan konsumsi produk olahan susu maka perlu menggantinya dengan sumber kalsium dan vitamin D lainnya, seperti sayuran berdaun hijau, kale atau almon.

10. Gunakan humidifier untuk kelembaban udara

Udara kering di kamar dan rumah dapat memperparah eksim, karena kulit mengalami dehidrasi dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya bisa dengan alat humidifier udara, yang fungsinya untuk memberikan kelembapan di udara dan kulit tubuh.

Selain itu, Kamu bisa melembapkan udara di ruangan tanpa perlu membeli humidifier. Dimana dengan tanaman di dalam ruangan sudah mencukupi untuk meningkatkan kelembapan secara alami. Kamu bisa menerapkan hal ini.

11. Jagalah kebersihan rumah

Hindari materi penyebab alergi seperti tungau debu, bulu hewan, serbuk sari bunga dan jamur yang bisa memicu rasa gatal akibat eksim.

Untuk lebih mudahnya Kamu bisa menggunakan penyedot debu dengan saringan yang rapat, Kamu perlu sering-sering membersihkan ruangan rumah.

12. Jaga berat badan

Berat badan yang berlebih beresiko menimbulkan sering terjadi gesekan kulit, yang bisa menyebabkan eksim bertambah parah. Dimana  makanan bisa menjadi pencetus munculnya eksim. Faktor-faktor ini berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.

Hindarilah makanan yang diproses sebisa mungkin. Utamakan memilih yang bahan organik atau alami, seperti buah-buahan dan sayuran segar. kurangi konsumsi daging merah dalam usaha diet.

Disarankan rajin mengonsumsi kandungan omega-3 untuk menjaga kelembutan dan kelembapan kulit. 

13. Minum suplemen alami. 

Ada banyak suplemen alami untuk meredakan gejala eksem, berikut penjelasan berdasarkan jenis kandungan:

Asam lemak bermanfaat untuk mengurangi kulit kering danperadangan, Asam lemak omega-3 berkhasiat sebagai antiinflamasi.

Adapun asam lemak omega-6 malah bisa memicu peradangan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 1,8 gram EPA (suatu senyawa asam lemak omega-3) yang diminum setiap hari selama 12 minggu, bermanfaat untuk mengurangi eksem.

Vitamin A, D dan E berguna untuk mengembalikan kelembapan kulit, memacu produksi kolagen, dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Asam gamma linolenat diyakini dapat meredakan peradangan kulit dan memperbaiki keseimbangan lipid di dalam kulit.

14. Mewaspadai sinar matahari. 

Terkena matahari bisa mengakibatkan banyak berkeringat yang keluar. Walaupun sebenarnya sinar matahari membantu untuk meringankan gejala eksim atopik, akan tetapi usahakan untuk menghindarinya dari kulit terbakar sinar matahari, dan juga keringat berlebih yang keluar dari kulit.

15. Menghindari stres.

Stres ternyata memiliki hubungan dengan eksim. Kondisi jiwa yang stres bisa mengakibatkan kondisi ruam eksim semakin memburuk. Sehingga selain kesehatan tubuh, juga penting menjaga kesehatan pikiran dan jiwa guna terhindar dari rasa stres dan depresi.

16. Gunakan obat Pelembap

Pelembap emolien berfungsi untuk mengurangi hilangnya cairan tubuh dari kulit, yang bekerja untuk membuat lapisan pelindung di atas kulit. Dimana kulit kering akibat eksim maka perlu dijaga kondisinya agar tetap lembap.

Terdapat banyak produk pelembap yang dijual di pasaran. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk bisa mengetahui pelembap yang baik, aman dan cocok digunakan olehmu.

Pelembap boleh digunakan bersamaan dengan obat oles steroid, terutama ketika terjadi peradangan pada kulit. Penggunaan produk pelembap sangat disarankan ketika eksim kambuh, yang ketika itu kulit sangat butuk dengan kondisi kelembapan.

17. Obat oles dan tablet kortikosteroid

Ketika kulit mengalami inflamasi, obat oles kortikosteroid bisa digunakan dalam mengatasinya. Kerja obat ini akan meminimalisir masalah inflamasi pada kulit tersebut. Dalam penggunaan obat oles kortikosteroid, maka perlu diresepkan sesuai dengan kondisi eksim.

Dalam penggunannya, Kamu perlu mengIkuti anjuran dokter untuk lebih amannya, selain itu penting untuk membaca petunjuk yang biasanya terdapat pada pada produk kemasan, sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Obat oles kortikosteroid unya efek samping, yaitu menimbulkan resiko penipisan lapisan kulit. Efek samping lainnya dari tablet kortikosteroid yaitu hipertensi dan osteoporosis.Sehingga penggunaan tablet kortikosteroid biasanya diresepkan dokter hanya dalam jangka pendek.

18. Penggunaan antihistamin

Ketika di dalam tubuh terdapat unsur yang menyebabkan reaksi alergi maka tubuh melepaskan histamin, yang memicu terjadinya beberapa gejala kulit seperti ruam, gatal-gatal dan pembengkakan. Dengan penggunaan antihistamin, memiliki manfaat sebagai obat menghentikan efek histamin tersebut di dalam darah.

19. Penggunaan antibiotik

Apabila gejala ruam atau luka eksim terlihat mengalami infeksi, maka biasanya dokter akan meresepkan antibiotik. Apabila kondisi infeksi kulit cukup besar, maka biasanya dokter akan meresepkan obat berupa tablet atau kapsul antibiotik

Adapun jika kondisi iinfeksi kecil, biasanya dokter memberikan resep antibiotik yang hanya berupa bentuk krim atau salep, yang dioleskan pada daerah kulit yang terinfeksi (obat luar).

Cobalah lemon ke kulit eksim (hati-hati penggunannya)
Caranya, pertama-tama potong lemon menjadi dua bagian, kemudian letakkan atau tempel ke bagian kulit yang terkena eksim.

Melakukan ini memberikan efek, kulit mungkin akan terasa sedikit menyengat, tetapi penggunaan lemon hanya bisa terasa perih ketika menggaruk kulit...

...sehingga pastikan dalam penggunaan lemon ini, kulit tidak ada yang lecet karena garukan atau semacamnya, untuk meminimalisir rasa perih.

Rasanya sedikit perih dari penggunan lemon memiliki manfaat untuk mengatasi peradangan di bawah kulit.

20. Konsultasi ke dokter

Untuk menghilangkan rasa gatal, maka biasanya dokter akan memberikan antihistamin, yang dapat mengurangi rasa gatal, sehingga dapat lebih nyaman.

Adapun Eksim pada bayi dapat diatasi dengan krim anti inflamasi yang dengan resep dokter, krim ini bertujuan untuk menghilangkan kemerahan dan pembengkakan pada kulit.

Tips Lainnya...

21. Menghindari benda yang menyebabkan iritasi. Sabun dan parfum yang membuat kulit kering, pakaian dan kain yang membuat kulit terasa gatal.

22. Jangan bertukar pakaian dan handuk pada penderita eksim. Handuk penderita eksim jangan sampai digunakan orang lain.

23. Setelah mandi, keringkan kulit menggunakan handuk yang lembut dan tidak menyebabkan kulit iitasi.

24. Jika terdapat luka, maka hindari digosok atau diraruk dengan apa pun

25. Disarankan menggunakan pelembap kulit setelah mandi, agar kelembapan kulit terjaga

26. Disarankan mengunjungi dokter ketika timbul rasa gatal yang sangat mengganggu, terutama jika tidak teratasi dengan penggunaan obat atau losio oles. Sehingga mungkin dibutuhkan obat dalam untuk mengatasinya, yang tentunya sesuai dengan resep dokter.

27. Tidur dengan teratur. Apabila sulit tidur, maka bisa mandi berendam sebelum tidur. Selain itu usahakan agar kondisi kamar tidur Anda cenderung dingin guna menghindari keringat di malam hari, serta matikanlah hindari gadget, TV, dsb, satu jam sebelum tidur.

28. Selalu berdoa kepada Allah, agar memberikan izin kesembuhan bagi Kamu dan orang-orang lainnya yang menderita eksim.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenapa Kulit Berkerak Gatal & Cara Menghilangkan"

Posting Komentar